Minggu, 20 November 2011

Tiga Langkah Menjaga Jaringan Wifi

Skala keekonomian yang lebih rendah secara otomatis membuat banderol harga perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi lebih terjangkau. Demikian halnya dengan akses internet yang semakin murah sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang untuk dapat menikmati arus informasi melalui jaringan tersebut, salah satunya menggunakan wireless fidelity (wifi).
Kemudahan dan kepraktisan wifi, lantaran sifatnya yang nirkabel, memang menjadi nilai tambah yang patut dipertimbangkan. Akan tetapi, para pengguna juga sebaiknya berhati-hati terhadap “ancaman virtual” yang dikhawatirkan dapat menembus jaringan wifi.
Oleh karena itu, khusus pengguna rumahan, setidaknya ada tiga langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga jaringan wifi.
Pertama adalah sedapat mungkin meletakkan antena router wifi di bagian tengah bangunan atau ruangan. Hal ini dimaksudkan agar sinyal wifi tidak sampai keluar rumah maupun ruangan yang hal ini dikhawatirkan malah menjadi celah pihak yang tidak bertanggung jawab.
Sebagai catatan, secara sederhana router adalah jembatan yang menghubungkan dua jaringan atau lebih dan berfungsi untuk merlihat alamat tujuan berbagai paket data yang melaluinya dan memilih ke mana paket tersebut harus dikirim.
Langkah berikutnya adalah dengan menggunakan wireless encryption protocol (WEP) yang fungsinya adalah melakukan enkripsi komunikasi di jaringan nirkabel wifi. Enkripsi adalah proses mengacak data sehingga hanya dapat di baca oleh pihak-pihak tertentu. Di beberapa proses enkripsi, pengguna harus menyertakan kunci untuk membuka data yang dienkripsi.
Langkah terakhir adalah dengan menyetel router agar mampu melakukan identifikasi dan membuka koneksi internet hanya kepada perangkat yang berhak mengakses, hal ini disebut Service Set Identifier (SSID). Demikian Tiga Langkah Menjaga Jaringan Wifi, sehingga  Anda  bisa lebih nyaman saat berselancar di jagat raya.
Post by: ahmad muhibullah  (Sumber : Kompas 19 Juli 2011)

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<