Minggu, 18 Desember 2011

Video: Arogansi dan Kekerasan Aparat Brimob di LBH Jakarta


Diupload pada 17 Des 2011
Pernyataan Sikap
No. 785/SK/XII/LBH
"Hentikan Gelar Pasukan dan Pertunjukan Kekuatan yang Berlebihan,
serta Hukum Polisi Pelaku Kekerasan "


Lembaga Bantuan Hukum Jakarta mengecam perlakuan arogan aparat brimob terhadap pekerja bantuan hukum LBH Jakarta, Sidik yang terjadi di halaman Gedung LBH Jakarta hari ini. Petugas Brimob melakukan kekerasan dengan memukul kepala Sidik, mengeluarkan ancaman pembunuhan, mengancam membakar gedung LBH, dan menendangi pagar LBH Jakarta ketika Sidik menempel pengumuman larangan aparat TNI/Kepolisian/Satpol PP memasuki pekarangan dan gedung LBH dengan membawa senjata.
Setahun belakangan ini Jalan Diponegoro yang berada tepat di depan Gedung LBH Jakarta seringkali dipilih sebagai tempat berdemonstrasi oleh kelompok mahasiswa. Hari ini berlangsung aksi gabungan mahasiswa dari berbagai universitas untuk memperingati meninggalnya Sondang Hutagalung. Gedung LBH dibangun menggunakan dana masyarakat dan digunakan untuk menyelenggarakan pelayanan publik berupa bantuan hukum bagi para korban pelanggaran HAM dan para pencari keadilan, termasuk juga anggota kepolisian yang mendapakan perlakuan yang tidak adil. Oleh karenanya siapapun bisa memasuki gedung LBH dan menggunakan fasilitas yang tersedia.

Khusus untuk aparat kepolisian, sejak terjadinya gelar pasukan dan pertunjukan kekuatan yang berlebihan pada saat dilakukannya Diskusi Buruh Freeport pada 9 November 2011, LBH Jakarta telah mengambil kebijakan, aparat kepolisian yang bersenjata dan berseragam dilarang memasuki pekarangan dan gedung LBH. Jika mereka hendak menggunakan fasilitas publik, seperti musholah atau beristirahat dipekarangan, mereka tidak diperkenankan membawa senjata. Kebijakan ini kami ambil mengingat banyak pencari keadilan yang datang ke LBH adalah korban kekerasan, termasuk juga kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian. Keberadaan anggota kepolisian berseragam dan bersenjata lengkap membuat trauma mereka muncul kembali. Kebijakan tersebut sebenarnya telah diumumkan dan ditempel di tembok pagar LBH sejak tanggal 15 Desember 2011, bertepatan dengan bentrokan yang terjadi antara aparat kepolisian dan mahasiswa di depan gedung LBH. Namun pengumuman tersebut telah dirusak oleh orang tak dikenal.

LBH Jakarta juga mengecam gelar pasukan dan pertunjukan kekuatan yang berlebihan yang dipertunjukan oleh aparat kepolisian dalam pengamanan aksi-aksi. Jumlah personil dan jenis persenjataan yang tidak proposional dengan junlah peserta dan bentuk aksi sebenarnya melanggar peraturan yang dibuat oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia, yakni Perkap No. 1 Tahun 2009 Tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian.
Berdasarkan penjelasan kami di atas kami menyatakan sikap sebagai berikut :

  1. Meminta Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya untuk menarik pasukan yang berada di sekitar gedung LBH Jakarta;
  2. Meminta Kepolisian Daerah Metro Jaya untuk tidak lagi melakukan gelar pasukan dan pertunjukan kekuatan yang tidak perlu dan tidak proposional dalam melakukan pengamanan aksi demonstrasi;
  3. Meminta kepada Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya untuk menjatuhkan hukuman yang setimpal dan melakukan pembinaan terhadap personil kepolisian yang bersikap arogan pada pengamanan aksi hari ini.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Jakarta, 17 Desember 2011
Hormat Kami,
Lembaga Bantuan Hukum Jakarta

Nurkholis Hidayat, S.H. Kiagus Ahmad Belasati, S.H.


Contact person :
Nurkholis Hidayat (085883699373), Aben (08561085283)

===========================================
Link Beritanya di bawah ini :
http://jakarta.tribunnews.com/2011/12/18/oknum-brimob-tempeleng-aktivis-lbh-jakarta
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/273064-anggota-brimob-toyor-pengacara-lbh
http://tanggapnews.com/2011/12/20/arogansi-dan-tindak-kekerasan-aparat-brimob-di-kantor-lbh-jakarta/

===========================================
KOMENTAR DI BAWAH INI BERASAL DARI VIDEO TERSEBUT.....
Sumber video tersebut : https://www.youtube.com/watch?v=NrPtpsjolh8 


Facebook Comments

0 komentator:

Posting Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<