Jumat, 01 Juni 2012

PANCASILA sebagai Kesejahteraan Rakyat Indonesia

PANCASILA SEBAGAI KESEJAHTERAAN 
RAKYAT INDONESIA

Oleh: Ahmad Muhibullah (Mahasiswa Universitas Subang)

Hari ini adalah 1 Juni 2012 dan banyak orang yang mengatakan, terutama bagi penikmat Sejarah bahwa pada bulan ini adalah di sebut dengan bulan Bung Karno, kenapa bulan Bung Karno.? Karena pada 1 Juni ini tepatnya 1 Juni 1945 itu merupakan hari kelahiran Pancasila, di mana pada saat itu 1 Juni 1945 Bung Karno menyampaikan satu Pidato dan situlah tercetus tentang Pancasila, maka dinilai adalah hari Lahir Pancasila. kemudian pada bulan Juni ini juga, tepatnya  6 Juni 1901 Bung Karno lahir di Dunia ini dan wafat pada tanggal 21 Juni 1970 dalam usia 69 tahun.
maka orang-orang dari jawa menyebutnya Haul, sehinga bulan ini menyebutkanya bulan Bung Karno. karena ada tiga tanggal yang menjadi bagian yang sangat tidak terpisahkan dari Bung Karno yaitu 1 Juni sebagai hari lahir-nya Pancasila 1945, kemudian 6 Juni 1901 sebagai hari lahirnya Bung Karno dan 21 Juni 1970 sebagai hari wafatnya Bung Karno.

Apa yang kita bisa bincangkan dengan 1 Juni hari kelahiran Pancasila. Apakah Pancasila menjadi sesuatu yang sangat melekat di dalam diri kita atau-kah Pancasila hanya sekedar satu dasar Negara, yang kita tidak pernah peduli, yang tidak pernah hayati, bahwa ini adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan berBangsa dan Negara. 

Tetapi kita harus betul-betul mencoba mempelajari, menghayati atau mungkin mengamalkanya walaupun belum sepenuh hati,  tetapi paling tidak kita bisa memahami terus, tentang apa itu Pancasila dan sebagainya. sehinga kalau kita terus mengali dan memahami. paling tidak untuk menghayati. 

Ini bisa kita bincangkan, masih aktualkan Pancasila. Masih adakah di dalam diri kita tentang Pancasila, masih adakah di dalam Pikiran kita tentang Pancaasila. Apakah kita tetap akan seperti ini, membiarkan Pancasila entah pergi ke mana dan kita dengan tenang mengabaikan Pancasila sebagai bagian yang sebenarnya tidak bisa terpisahkan dari ber-Bangsa dan ber-Negara.

Patut kita syukuri oleh kita semua, Bangsa Indoensia yang memiliki sebuah Pancasila yaitu sebagai tujuan Indonesia. Pancasila yang tidak pernah di miliki oleh Negara lain, namun patut kita tanyakan juga, kenapa Negara lain yang tidak memiliki Pancasila, tapi bisa Sejahteta Rakyatnya. Banyak orang-orang yang mengatakan bahwa Pancasila adalah Ideologi ber-Bangsa dan ber-Negara Indonesia dan ada pula yang menentang bahwa Pancasila bukan Ideologi Negara Indonesia.

Kalau memang Pancasila sudah tidak bermakna lagi.! Agama sudah tidak bermakna lagi.! lantas apa yang menjadi landasan Bangsa ini, Hedonisme-kah, Nepotisme-kah, Korupsi-pisme atau Serakah-hisme. Dalam membuat bangunan-pun harus mempunyai pondasi dan kalau tidak mempunyai pondasi, maka runtuh lah bangunan itu ataupun sebaliknya Indonesia juga harus mempunyai Pondasi ber-Negara, dan kalau tidak mempunyai pondasi ber-Negara maka runtuhlah Indonesia, kalau saya pahami bahwa pondasi ber-Negara Indonesia adalah Pancasila dan UUD 45.

Berbicara tentang Pancasila tentu di antara kita semua sudah saling mengetahui, sudah saling membaca. permasalahanya memahami atau tidak. Pancasila tanpa di sadari telah kita lakukan dan tidak sesuai lagi dengan Ideologi Pancasila, jika Perjuangan mereka tidak di teruskan oleh genrasi selanjutkanya, terlebih melihat para petingingi-petingi, para pemimpin-pemimpin, para pejabat-pejabat tinggi Negeri saling memperebutkan kekuasan. Kasus Korupsi yang kian marak, Pelanggaran HAM yang tidak pernah di usut tuntas, Pendidikan yang mahal, kemiskinan dan penganguran yang kian bertambah tentu ini merupakan PR bagi penyelenggara Negara. Pancasila yang di dalamnya memiliki banyak makna, dan kalau di jalankan dengan baik dan benar maka kami mempunyai keyakinan yang sangat besar bahwa Indonesia akan membaik. Terima Kasih.!

Facebook Comments

0 komentator:

Posting Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<