Sabtu, 13 Oktober 2012

SERUAN DOSEN ITB DALAM PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN KORUPSI

Seruan Dosen-Dosen ITB 
Terkait Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Indonesia

Kami dosen-dosen ITB (Institut Teknologi Bandung) melihat perkembangan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia, dengan ini menyerukan hal-hal sebagai berikut:

1. Kami mendukung penuh upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi atas dasar kesadaran bahwa korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa (extra-ordinary crime), merusak tatanan bernegara, merampas masa depan dan kesejahteraan rakyat, serta menghalangi masyarakat untuk mendapatkan sesuai haknya. Kami menyadari bahwa akar dari korupsi adalah keinginan masyarakat dan pelayan masyarakat untuk hidup materialistis, konsumtif dan serba instan yang diperoleh dengan cara yang tidak jujur. Oleh karena itu kami menyerukan kepada pejabat negara, pejabat publik, pelayan masyarakat, dan kita semua untuk menyadari dan mengembalikan tujuan mulia hidup bermasyarakat dengan kontribusi, pengabdian serta memegang teguh amanah atas jabatan yang yang dipercayakan kepada kita.

2. Kami menyadari bahwa hidup sejahtera merupakan hak semua orang, bahkan menjadi tugas kita untuk mewujudkannya secara bersama-sama. Akan tetapi tercapainya hal tersebut harus melalui cara yang mulia, terhormat, cerdas dan legal. Kami menyerukan kepada masyarakat terdidik untuk selalu mencari jalan, cara, inovasi serta sistem kerja yang memampukan masyarakat dan para pelayan masyarakat untuk hidup sejahtera tanpa korupsi.

3. Kami juga menyerukan kepada seluruh keluarga besar ITB: dosen, mahasiswa, alumni, dan staf non akademik untuk terus berkomitmen, menjadi pionir dan contoh tidak melakukan korupsi dalam segala bentuk. Secara khusus kami serukan kepada masyarakat ITB termasuk di dalamnya mahasiswa dan alumni ITB untuk menjaga kehormatan almamater dengan sungguh-sungguh, tidak terlibat dalam kegiatan koruptif dan ikut aktif memberantas korupsi di tempatnya masing-masing. Kami mengajak keluarga besar ITB untuk hidup berlandaskan kepercayaan dan pengabdian, serta tidak memperkaya diri secara tidak etis, tidak bermoral dan tidak legal.

4. Kami sampaikan penghargaan setinggi-tingginya dan dukungan penuh kami kepada seluruh penegak hukum di Indonesia, termasuk KPK, Polri dan Kejaksaan atas kerja kerasnya dalam mengemban amanah mencegah dan memberantas korupsi di Indonesia. Untuk itu kami serukan agar seluruh lembaga penegak hukum di Indonesia tersebut bekerjasama secara efektif untuk tujuan yang besar, yaitu pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. Dengan ini pula, kami menolak keras, penyalahgunaan wewenang jabatan dan institusi untuk melindungi oknum-oknum koruptif, serta menghalangi kepentingan pencegahan dan pemberantasan korupsi.

5. Akhirnya dengan ini kami minta seluruh komponen bangsa menggunakan momentum ini untuk melanjutkan gerakan pembersihan Negara beserta lembaga-lembaganya dari oknum-oknum dan sistem yang koruptif. Peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini mengingatkan kita semua, betapa penting dan mendesaknya upaya bersama untuk memperketat sistem pengawasan terhadap pejabat negara, pejabat publik, dan pelayan masyarakat. Dalam waktu yang bersamaan, kita harus terus membangun dan menerapkan berbagai sistem dan inovasi untuk kesejahteraan masyarakat. Hidup sederhana, cerdas, penuh pengabdian, dan mulia harus terus dibudayakan.

Bandung, 11 Oktober 2012
DOSEN ITB PENANDATANGAN SERUAN PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN KORUPSI

Sumber Facebook : Radhar Tribaskoro 
atau klik disini langsung menuju gambar

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<