Minggu, 23 Desember 2012

NEWS - Satu Juta Buruh Terancam PHK di Akhir Tahun


Jakarta: Sekitar satu juta buruh lebih dari 1.300 perusahaan terancam terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) di akhir tahun ini. Ini merupakan dampak ditetapkannya kenaikan upah minimun tahun 2013.

Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) perusahaan tersebut tersebar di 14 provinsi di Inonesia. Jumlah terbanyak terdapat pada daerah industri Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta, dari sektor tekstil dan garmen. Jumlah ini masih belum termasuk perusahaan lain yang tidak melapor pada APINDO.

Ketua Umum APINDO, Sofyan Wanandi menyatakan, hal tersebut akan benar-benar terjadi jika pemerintah tidak merespon surat penangguhan pembayaran kenaikan upah minimun provinsi dari pengusaha yang meminta agar diperbolehkan menerapkan upah tidak berdasarkan standar itu.

Akan tetapi, mmengikuti hasil dwipartit antara pengusaha dan buruh, PHK bukan lah perkara gampang. Perusahaan perlu menyertakan uang pesangon karyawan yang jumlahnya tidak sedikit dan berpotensi membuat pengusaha gulung tikar.(***)

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<