Kamis, 13 Desember 2012

Video Editorial Media Indonesia "MENGASIHANI" KORUPTOR



Mengasihani Koruptor

Kamis, 13 Desember 2012

KORUPTOR ternyata tidak hanya dikutuk karena merampok uang negara, tetapi juga dibela dan dikasihani. Pembelaan justru datang dari bukan sembarangan orang.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-lah yang memberi sinyal mengasihani pejabat yang korup. Pada pidato memperingati Hari Antikorupsi dan Hari HAM Sedunia di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/12), Presiden mengatakan ada dua jenis korupsi. Pertama korupsi yang diniati untuk memperkaya diri dan kedua korupsi yang terjadi karena ketidakpahaman pejabat bahwa yang dilakukannya merupakan korupsi.

Sejujurnya kita tersentak dengan pernyataan itu. Presiden berpendapat ada pejabat yang boleh dianggap tidak mengetahui bahwa perbuatannya melawan hukum.

Jika diteruskan, pendapat itu akan berimplikasi sangat luas. Hukum positif bisa dicabik-cabik dan bersalin dengan hukum rimba karena setiap orang bisa beralasan tidak mengetahui bahwa apa yang dilakukannya melanggar hukum.

Setiap warga negara termasuk nun jauh di pelosok negeri, di pedalaman dan buta aksara sekalipun, harus diasumsikan mengetahui semua peraturan dan hukum positif yang berlaku di negeri ini. Apalagi, para pejabat pemerintahan dan pejabat negara yang semestinya setiap langkah mereka diatur rambu-rambu hukum.

Tidak ada alasan sekecil apa pun yang membenarkan bahwa ada pejabat boleh diasumsikan tidak mengetahui apa yang mereka lakukan melanggar hukum, seperti korupsi.

Seorang pengendara mobil diasumsikan tahu bahwa ada marka jalan dan melanggarnya merupakan melanggar aturan lalu lintas sehingga patut dihukum. Dia tidak boleh dibebaskan dengan alasan tidak mengetahui peraturan tersebut.

Warga suku terasing juga harus diasumsikan mengetahui bahwa membunuh orang lain merupakan perbuatan melanggar hukum meski hukum adat setempat mungkin menyebutkan utang nyawa dibayar nyawa.

Orang asing pun harus dianggap mengetahui bahwa menyogok pejabat Indonesia untuk mendapatkan proyek merupakan tindak pidana yang harus dihukum. Tidak boleh ada orang yang lolos dari jeratan hukum hanya dengan dalih tidak mengetahui perbuatannya melawan hukum.

Para pejabat negara mesti cermat memeriksa apakah keputusan yang dibuat tidak melenceng ke luar jalur hukum. Keputusan setiap pejabat bermuara di dua ujung, yakni kemaslahatan rakyat di satu sisi dan jeruji penjara di sisi lain.

Kita prihatin karena Presiden Yudhoyono yang menyerukan akan memimpin langsung perang melawan korupsi ternyata kemudian menjadi panglima yang mudah iba terhadap pejabat yang disangka korupsi.

Publik berharap pernyataan Presiden itu tidak menjadi sinyal bahwa pemerintah kian toleran kemudian kendur memberantas korupsi.

Kita menyerukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kejaksaan, dan kepolisian tidak ikut-ikutan mengasihani koruptor. Kita bahkan ingatkan agar pemiskinan koruptor terus dilakukan agar menimbulkan efek jera.


=========================================
Komentar di bawah ini bersumber dari Video tersebut:

Semua Komentar (26)

  • Tukang Becak
  • Po Kim
    presiden mengasihani koruptor = presiden koruptor,, tahun 2014 usut kekayaan sby dan penjarain dia seberat2 nya
    ·
  • wong ndeso
    presiden mbanyol...ndah mudun mumpung drung dilengserno rakyatmu
    ·
  • tasou119
    Pusing mikirin Indonesia
    Yg korupsi pura2 ga tau makan
    Trus tu uang rakyat sampai
    Kenyang.kapan Pun Indonesia
    Ga bakalan maju
    ·
  • very taufik Very
    nek ak ini dwe gagasan klo yg korupsi di gntung wae N anak'' nya sekolah smpe sd wae biar kapok enak sak udel'e dewe....!!!!!!
    ·
  • a0919495416
    Klo sby.....begitu!!!!!masyarakat hrs cerdas!!!!
    ·
  • MrTuratea
    ahok memang cerdas menurutnya jika pejabat terjebak kebijakan korupsi cek aja rekeningnya jika kekayaannya bertambah sangat signifikan pasti sengaja korupsi atau pura2 tidak tau kalo kebijakannya terkait korupsi
    ·
  • MrTuratea
    narkoba aja di maafkan apalagi koruptor aneh bangsa ini bullsyit bahkan semua kata2 kotor dijalan seperti anjing, sundala, telasonu, dompala jadi kedengaran sangat sopan diucapkan melihat tingkah pejabat negara ini dari lurah sampai presiden....... ancuuur untung ada jokowi-ahok sebagai oasis ditengahtengah bangsaini
    ·
  • redvoxa
    Koruptor Anjing...!!! indonesia mayoritas islam... Duit rakyat dikorup gak tau dah brapa...berarti banyak rakyat islam yg uangnya dikorup...Woi FPI LOE BAKAR TUH KORUPTOR IDUP2 KALO LOE BENER2 PEMBELA ISLAM !!! BRANI????
    ·
  • RenaLoveReny
    anjiiiiiiiiiiiiiing bgt Loe SBY ,,,
    ·
  • neLbae
    Actually w respect bgt ma pak beye
    Tp sayang dy berada di posisi buah simalakama yg membuat dy gak TEGAS!
    Hmmm,, smga 2014 tak ada lg presiden yg mundur kena, maju kena!
    ·
  • rahmat fox
    kok jadi malah gituu ..ngomongnya presiden ini?...grrrrr
    ·
  • nunq Ae
    begini nih klo pejabat modal nyogok tanpa kemmpuan apa pun :/
    ·
  • rahmat fox
    sperti biasa pulang kerja lihat2 channel jakarta baruu..
    ·
  • rietaful
    Owalah.... SBY...SBY... Nyesel aku dulu milih kamu. Tapi yo wis... Penyesalan memang selalu di urutan belakang. 2014 harus lebih teliti lagi.
    ·
  • jalu thea
    ya pa beye sayang sekali indonesia ko pemimpi2 ya ko sebodoh itu ya mau di bawa kemana negaraini kalo pejaba2ya tolol semu kalo ga ngerti udaja turun
    ·
  • anang thea
    pantesan selama ini koruptor aman2 saja bahkan semakin merajalela karena mereka di lindungi oleh orang nomor 1 di negri ini,,,, Pemerintahan SBY gatot (gagal total).
    ·
  • anang thea
    inilah satu satunya presiden paling goblok di dunia,apapun alasannya koruptor harus di hukum gantung,,,, tunggu 2014 demokrat dan BY akan hancur...
    ·
  • apa adanya
    jd curiga dech aq .... d channel pemprovdki bbrp hari gk upload video rapat jangan2 krn SBY nih..... kira2 mimin penguasaha ngerti gk ya knp?
    ·

2 komentar:

  1. Semoga investor asing gak dengar pidatonya, bisa2 pada kabur semua lihat sifat asli sby.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SBY HANYA JADI BONEKA YANG MAU DI BELOK-BELOKAN.DAN DIA TIDAK MEMPUNYAI PENDIRIAN UNTUK INDONESIA YANG LEBIH BAIK.

      Hapus

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<