Selasa, 21 Mei 2013

APBN ANTI RAKYAT, JEBOL !! By: Salamuddin Daeng (IGJ)

##

APBN ANTI RAKYAT, JEBOL !!

By: Salamuddin Daeng (IGJ)

Meski Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) meningkat, namun kondisi ekonomi rakyat memburuk. Harga kebutuhan pokok mahal, biaya pendidikan dan kesehatan tidak terjangkau. Pengangguran dan kemiskinan kian meluas. APBN basar justru membuat rakyat semakin miskin.

Tahun 2005 (pertama SBY berkuasa) APBN sebesar (Rp 509 triliun), 2012 sebesar (Rp 1.435 trilun), tahun 2013 sebesar (Rp 1,683 triliun). Tahun 2014 mendatang APBN Indonesia akan mencapai Rp 1,900 triliun. Dengan demikian selama SBY berkuasa APBN telah meningkat 273 %.

Mengapa APBN meningkat pesat? (1) Pemerintah mencekik rakyat dengan memungut pajak tinggi. (2) pemerintah menjual negara kepada asing dengan mengemis utang luar negeri. (3) pemerintah menggadaikan aset negara sebagai jaminan utang dari pasar keuangan. Rakyat diperas, negara diobral pada asing!

Bagaimana APBN digunakan? (1) APBN tak boleh digunakan untuk subsidi BBM, atau subsidi lainnya seperti pendidikan, kesehatan, karena akan menggangu mekanisme pasar bebas. (3) APBN tak boleh digunakan untuk menjaga stabilitas harga sembako, karena menggangu mekanisme pasar. (3) APBN tak boleh dialoksikan untuk membangun infrastruktur karena infrastuktur telah menjadi tujuan investasi swasta melalui Public Private Partnership (PPP). Jika APBN digunakan untuk ketiga hal di atas, maka APBN JEBOL.

Namun APBN harus dimaksimalkan untuk. (1) Belanja Pemerintah dan DPR sebagai gaji dan belanja rutin lainnya. (2) APBN harus diprioritaskan untuk membayar bunga utang dan cicilan utang pokok dalam dan luar negeri. (3) APBN digunakan semaksimal mungkin sebagai stimulus fiskal kepada perusahaan besar. Jika APBN digunakan untuk 3 kepentingan diatas maka APBN akan AMAN.

Demikian juga jika APBN dikorupsi separuhnya oleh penyelenggara pemerintah, DPR, PEMDA, DPRD, APBN tetap aman. Namun jika APBN dialokasikan untuk kepentingan subsidi energi, BBM, subsidi pertanian, maka APBN akan JEBOL.

##

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<