Sabtu, 14 Juni 2014

TKW ASAL SUBANG JADI KORBAN PELECEHAN MAJIKAN

Forward :

TKW ASAL SUBANG JADI KORBAN PELECEHAN MAJIKAN

Pada 2012 yang lalu, seorang perempuan bernama Sumarni lahir tahun 1988 warga Dusun Kedung Gede Utara, Pamanukan Subang. Berangkat menjadi buruh migran di Singapore, namun hanya bertahan 8 bulan pada tahun yang sama kembali lagi ke tanah air. 

Sumarni dipulangkan ke tanah air oleh majikan dengan alasan malas dan tidak mampu bekerja, namun justru sebaliknya. Sumarni dipulangkan ke tanah air oleh karena akan melaporkan perbuatan majikannya yang melakukan tindakan pelecehan seksual dengan percobaan pemerkosaan. Kepulangan Sumarni ke tanah air hanya diberi uang sebesar Rp. 200.000,- oleh majikan. 

Sesampainya di tanah air, Sumarni kemudian meminta bantuan kepada Sdr. Supendi warga Subang yang juga seorang pengurus Forum Keluarga Buruh Migran Indonesia-KASBI. Guna mengurus masalah yang dialaminya dan juga pemenuhan hak-hak yang tidak diberikan oleh majikan selama bekerja 8 bulan, diantaranya mengenai pelecehan, upah serta asuransi.

Supendi dkk, kemudian bergerak mendesak Disnaker Subang dan beberapa instansi terkait di Jakarta. Atas usaha-upaya yang dilakukan, PJTKI/PPTKIS bersedia memberikan ganti rugi sebesar Rp.10.000.000,-. Namun, baik Sumarni maupun Supendi dkk masih menolaknya, karena jika dihitung secara nominal upah yang harusnya diterima Sumarni sebesar Rp.25.000.000,-. Tidak sebatas itu, masalah pelecehannya pun harus diusut secara tuntas.

Singkat cerita, atas upaya-desakan FKBMI-KASBI Subang kepada BNP2TKI, berdasarkan keterangan pihak dari BNP2TKI ijin pelayanan pengiriman tenaga kerja indonesia yang dilakukan oleh PJTKI/PPTKIS yang terkait dengan masalah Sumarni tidak diberikan (ijin pelayanan dicabut).

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<