Rabu, 10 September 2014

KONTRAS SULAWESI MENGECAM KERAS TINDAKAN PREMANISME DALAM PEMBUBARAN AKSI DEMONSTRASI DI KENDARI

Pembubaran paksa terhadap aksi demonstrasi Front Pemuda dan Mahasiswa Anti Korupsi Sulawesi Tenggara pada hari rabu, 10 September oleh sekelompok Preman berpakaian pegawai negeri sipil di Kendari, Sultra merupakan bentuk pembungkaman tersistematis terhadap kebebasan berekspresi dan menyampaikan pendapat di muka umum. Tindakan main hakim sendiri ini harus segera diakhiri. Dalam catatan KontraS Sulawesi, peristiwa pembubaran aksi demonstrasi yang menyoroti dugaan korupsi dalam pat gulipat pengelolaan pertambangan sebagaimana termuat dalam Majalah TEMPO Edisi Minggu Pertama September 2014 yang diduga kuat melibatkan Gubernur Sulawesi Tenggara itu sudah dua kali dilakukan.

Sikap diam yang ditunjukkan oleh Kapolda Sultra yang tidak pernah merespon tindakan premanisme ini dapat dimaknai oleh publik sebagai bentuk pembiaran dan tidak pro terhadap pemberantasan korupsi. Terkait sikap Kapolda ini, KontraS Sulawesi meminta kepada Kapolri untuk segera melakukan evaluasi terhadap yang bersangkutan dan bila perlu segera dimutasi. KontraS Sulawesi juga mendesak kepada KPK RI untuk segera mengambil alih proses penyelidikan/penyidikan atas dugaan tindak pidana korupsi pertambangan di Sultra yang saat ini ditangani oleh kejaksaan agung karena tidak menunjukkan kemajuan yang berarti bahkan sudah 'lempar handuk'.

Secara khusus, KontraS Sulawesi meminta kepada Kapolda untuk memberikan perlindungan yang maksimal terhadap keamanan para aktivis Front Pemuda dan Mahasiswa Anti Korupsi Sultra. Tidak adanya pemberitahuan aksi demonstrasi tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak melakukan pengamanan, sebab hal itu merupakan kewajiban yang melekat pada Institusi Polri.

Makassar, 10 Sept. 2014 Badan Pekerja KontraS Sulawesi

ASMAN, S.H. Koordinator HP: 081245830220

Bantu sebarkan agar koruptor di negeri ini tak berlindung di balik diamnya aparat Polri dan Jaksa, serta preman.

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<