Minggu, 05 Oktober 2014

TJAKRABIRAWA, KUTIPAN NASIHAT SRE KRESNA KEPADA ARJUNA & TUDUHAN KETERLIBATAN BUNG KARNO DALAM PERISTIWA PENCULIKAN & PEMBUNUHAN PARA JENDERAL TNI ANGKATAN DARAT 1965

Alkisah, Eddi Ellison (reporter TVRI), ditugaskan oleh Letkol. CPM Maulwi Saelan (Wakil Komandan Resimen Tjakrabirawa) untuk menjadi MC menyemangati peserta Musyawarah Nasional Teknik (MUNASTEK), 30 September 1965 malam, yg diprakarsai pemimpin Angkatan Darat & Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Munastek dipimpin oleh Brigjend. (TNI) Hartono Wirjodiprojo (Direktur Peralatan Angkatan Darat).

Saat akan menyampaikan pidato untuk membuka Munastek, Bung Karno diminta oleh MC, Eddi Ellison, untuk meluruskan tulisan spanduk di panggung yg berisi petuah Sre Kresna kepada Arjuna untuk tak ragu-ragu dalam berperang. Dalam bahasa Sansekerta seharusnya ditulis "Karmane Fadikaraste Mapalesyu Kadatyana" (Kerjakan semua kewajibanmu tanpa menghitung untung rugi). Namun, ada sedikit kesalahan dalam penulisan Sansekerta.

"Arjun, kamu adalah seorang ksatria yg wajib berperang. Memang benar bahwa yg berdiri di seberangmu adalah saudara-saudaramu, kakekmu & gurumu yg kamu cintai. Tetapi mereka ingin menghancurkan kerajaan Pandawa, menyeranglah Arjun!! Itu tugas & kewajibanmu sebagai ksatria", demikian isi pidato Bung Karno mengutip petuah Sre Kresna kepada Arjuna.

Pidato Bung Karno yg meluruskan bunyi spanduk yg berisi nasihat Sre Kresna tersebut yg dituduhkan Bambang Widjanarko sebagai perintah Bung Karno kepada pasukan Tjakrabirawa untuk melakukan penculikan & pembunuhan terhadap sejumlah Jenderal Angkatan Darat.

Adapun pasukan pengawalan Presiden yg diberi nama Tjakrabirawa oleh Bung Karno, lantaran Tjakrabirawa sendiri adalah senjata sakti milik Batara Kresna untuk menumpas kejahatan. Pembentukan resimen khusus Tjakrabirawa bertepatan dengan ulang tahun Bung Karno, 6 Juni 1962, yg dipimpin Kolonel CPM Sabur.

(Tulisan di atas dikutip dari buku: "Maulwi Saelan Penjaga Terakhir Soekarno", Kompas, 2014).


Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<