Senin, 17 November 2014

HARAPAN PALSU SUDIRMAN SAID



Knp Kem ESDM harus kita amati, waspadai bahkan perlu kita curigai?

Jawabannya ada di potensi pendapatan negara yg bisa capai Rp 500 Trilyun/ th (24% dari APBN) dgn catatan bhw segala sesuatu yg terkait dgn ESDM harus dikelola dgn baik dan dgn "tangan besi" sebab selain potensi pendapatan, disisi lain juga ada potensi kerusakan lingkungan jutaan hektare.

Sungguh sayang 4 kebijakan Kemen ESDM sejak dilantik ternyata bukannya menjawab harapan Rakyat tapi justru membuat Rakyat Frustasi.

Ke-1: Menambah Impor BBM sementara yg diharapkan Rakyat adalah memacu produksi minyak dalam negeri.

Ke 2 : Menaikan harga BBM sementara yg diharapkan Rakyat bukan soal BBM naik atau turun tetapi kejujuran negara dalam pengelolan poruduksi dan tata niaga dari hilir ke hulu.

Ke 3 : Mempertahankan Petral sementara harapan Rakyat adalah membubarkan Petral utk memutus mata rantai perdagangan Minyak serta menghentikan praktek Rente & Riba dlm oil trading.

Hari ini Kementrian ESDM keluarkan kebijakan ke 4 yaitu membentuk Komite Pemberantasan Mafia Migas, lucunya tugas Komite ini selama 6 bulan hanya melakukan kajian tanpa kewenangan penindakan.

Komite Pemberantasan Mafia Migas harusnya tdk dibawah kementrian ESDM tapi berada langsung dibawah kontrol Presiden yg punya kewenangan penuh menggerakan institusi-institusi penegakan hukum negara dari kepolisian, kejaksaan hingga kehakiman.

Kedua, Komite Pemberantasaan Mafia Migas ternyata hanya berkutat dlm wacana, kajian, seminar maupun diskusi. Tugas komite ini menjadi bukti bhw Sudirman Said tidak tahu pola kerja Mafia, siapa orangnya & alat apa yg dipakainya atau Sudirman Said berusaha memberi waktu bagi Mafia Migas utk beradaptasi.

Jika Komite Pemberantasan Mafia Migas tdk dibawah kewenangan Presiden & masih berkutat dg kajian, maka Komite ini hanyalah Harapan Palsu utk menina bobo-kan Rakyat dari permainan Mafia.

Juan Forti Silalahi
Koord. SPARTAN
(Solidaritas Para Pekerja Tambang Nasional)
082111111890

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<