Selasa, 23 Desember 2014

OJK Lembaga Parasit, Pemicu Suku Bunga Tinggi Di Indonesia

**
OJK Lembaga Parasit, Pemicu Suku Bunga Tinggi Di Indonesia

Oleh: FX Arief Poyuono
FSP BUMN Bersatu


Salah satu penyebab dari kalahnya daya saing harga produk jasa lokal terhadap produk & jasa yg dihasilkan korporasi luar negeri adalah suku bunga pinjaman bank yg tinggi sehingga sektor usaha sulit untuk berkembang dan bersaing. Suku bunga pinjaman yg tinggi sangat mempengaruhi biaya produksi.

Salah satu penyebab Bank Bank di Indonesia tak dapat memberikan bunga pinjaman yg rendah adalah salah satunya disebabkan oleh pungutan sebesar 0.045 persen dari total dana masyarakat & perusahaan yg terhimpun di perbankan nasional yg dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

OJK yg seharusnya menjadi lembaga pengawas & kontrol sektor usaha jasa keuangan yg seharusnya dibiayai oleh negara, tapi justru memberatkan sektor jasa keuangan dengan pungutan 0.045 persen dari total dana yg ada disektor jasa keuangan yg tidak jelas penggunaanbya selama ini & bukan dana penjaminan dana nasabah jika terjadi fraud.

Dengan adanya pungutan dari OJK terhadap perbankan nasional sudah pasti beban pungutan tersebut dibebankan dalam bunga pinjaman yg disalurkan serta nasabah perbankan & asuransi.

Proses fit and proper test untuk calon direksi disektor usaha jasa keuangan juga dilakukan oleh OJK diduga juga tak lepas adanya budaya upeti kepada pejabat OJK agar diloloskan dalam fit nd proper test .

Selain dalam hal fit and proper test calon pejabat jasa keuangan OJK juga ikut mengawasi pasar modal & ini juga rentan adanya peyalagunaan wewenang oleh oknum OJK ketika ada satu emiten dipasar modal yang sudah menyalahi aturan pasar modal.

Baru satu tahun OJK beroperasi, belum ada sesuatu yg berarti bagi kemajuan sektor usaha jasa keuangan dan justru membebani sektor jasa keuangan dengan pungutan yg katanya untuk biaya opersional OJK.

Karena itu sebelum OJK jadi sarang penyamun, sebaiknya dibubarkan saja & peran OJK dikembalikan ke BI untuk mengawasi sektor perbankan.

**

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<