Minggu, 08 Februari 2015

PRANATA HUKUM HANCUR LEBUR, MoU DIJADIKAN LANDASAN PENYELENGGARAAN NEGARA MENGALAHKAN UUD & UU

##
Forward:

MoU Menteri ESDM dengan Freeport:

PRANATA HUKUM HANCUR LEBUR, MoU DIJADIKAN LANDASAN PENYELENGGARAAN NEGARA MENGALAHKAN UUD & UU

Oleh: Salamuddin Daeng (IGJ)


Negara Indonesia dianggap bubar oleh menteri ESDM Sudirman Said. Kebijakan melalui MoU dengan Freeport telah mencampakkan & mengalahkan UUD 1945, UU & Peraturan Perundangan lainnya.

Pranata hukum dibolak balik. Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah dengan PT Freeport dijadikan landasan hukum untuk melanjutkan eksport hasil tambang. Sementara UU No 4 tahun 2009 tentang Minerba, justru dicampakkan. Padahal berdasarkan UU Minerba PT Freeport harus membangun pabrik pengolahan (smelter) paling lambat 1 januari 2014. Jika tidak, maka perusahaan tidak boleh lagi melakukan ekspor.

UU No 4 tahun 2009 Pasal 170 berbunyi ; "Pemegang kontrak karya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 169 yang sudah berproduksi wajib melakukan pemurnian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 103 ayat (1) selambat-lambatnya 5 (lima) tahun sejak Undang-Undang ini diundangkan".

Pemerintah mengatakan bahwa MoU menjadi landasan hukum beroperasinya Freeport termasuk dalam melanjutkan ekspor bahan mentah tambang. MOU akan menjadi acuan bagi peraturan perundangan yang diperlukan dalam keberlanjutan PT Freeport.

Pertanyaannya, bagaimana mungkin MoU seorang Menteri dengan pihak swasta bisa mengalahkan Peraturan Pemerintah (PP), UU & bahkan UUD?

"Kekayaan tambang Papua yang saat ini dikelola oleh Freeport bukan harta milik pribadi Presiden Jokowi & Menteri Sudirman Said, sehingga dengan seenak perutnya diobaral melalui MOU".

Jika begini caranya mengelola negara, alangkah enaknya Pejabat Menteri. Untuk memperkaya diri pribadi, keluarga dan partai, cukup dengan membuat MoU tentang Penyerahan kekayaan alam Indonesia kepada swasta dan asing.

"Para pakar hukum harus mengubah seluruh teori hukum, jika MoU yg tidak ada dalam pranata hukum, dijadikan sebagai landasan menyelenggrakan negara".

Pin BBM Daeng: 29474D19

##

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<