Senin, 17 Agustus 2015

KUTIPAN PETUAH PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDIRMAN


“Anak-anakku sekalian. Jangan sekali-sekali di antara tentara kita ada yg menyalahi janji menjadi pengkhianat Nusa, Bangsa dan Agama. Sumpah wajib kamu tepati. Sekali berjanji, sekali kita tepati.

“Kami tahu, bahwa kamu sekalian banyak menderita dalam kalangan tentara. Jauh berlainan dengan sekali apa yang disangka oleh orang banyak di luar tentara. Tentara adalah tempat menderita dan tempat kurban perasaanmu. Tetapi meskipun sekarang kamu banyak menderita serba kurang, tetapi kamu itu mewujudkan kebaktian kepada Nusa, Bangsa dan Agamamu.

Kami yakin kamu sekalian prajurit tidak akan putus asa, kandas di tengah jalan, karena semua penderitaan itu dan pengorbanan itu sungguh-sungguh ditujukan pada maksud yang suci, membela kebenaran dan keadilan. Kurban perasaan harus dijadikan bekal perjuangan kita sekalian. Teguhkan pendirianmu. Bersihkan batin dan perbuatanmu. Kokohkan persatuanmu. Insya Allah kemenangan ada pada kita karena Tuhan Maha Mengetahui dan Maha Adil.

“Kamu sekalian harus ingat: Tak ada kemenangan jika tak ada kekuatan. Tak ada kekuatan jika tak ada persatuan. Tak akan ada persatuan jika tak ada keutamaan. Dan tak ada keutamaan jika tak ada didikan batin yg dapat mensucikan segala usaha. Maka perjuangan kita seterusnya, harus mewujudkan perjuangan yg sesungguhnya suci, perjuangan yg hak melawan batil.

“Akhir kata kami amanatkan dengan tegas:

1. PERCAYA PADA KEKUATAN DIRI SENDIRI.
2. TERUSKAN PERJUANGAN KAMU.
3. PERTAHANKAN RUMAH DAN PEKARANGAN KITA SEKALIAN.
4. TENTARA KITA JANGAN SEKALI-KALI MENYERAH PADA SIAPAPUN JUGA YANG AKAN MENJAJAH DAN MENINDAS KITA KEMBALI.
5. PEGANG TEGUH DISIPLIN TENTARA LAHIR BATHIN".

(Panglima Besar Jenderal Soedirman, 9 April 1946)

----
Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia !!

SEKALI MERDEKA HARUS TETAP MERDEKA !!

TERUS BERJUANG DAN BERTARUNG MENJADI BANGSA YANG BERDAULAT, MANDIRI DAN BERKEPRIBADIAN PANCASILA.

JAYALAH RAKYAT, BANGSA DAN NEGARA INDONESIA !!

Facebook Comments

0 komentator:

Poskan Komentar

Mohon Ma'af untuk tidak berkomentar yang mengangung SPAM. Silahkan berkomentar sebagai masukan untuk kami. Komentar anda sangat berarti, untuk kemajuan blog ini.
>>> Terimakasih anda telah mengungjungi blog AHMAD MUHIBULLAH/CP:087828150515, Jangan Lupa mampir lagi yahhh <<<